Rutan Balige Rayakan Sukacita Natal Bersama Warga dan Keluarga Binaan

topmetro.news- Untuk memperingati hari lahirnya Yesus Kristus Sang Juru Selamat, di Betlehem, di kota Yudea, sekira 2000 tahun silam, pihak Rutan Kelas IIB Balige Kanwil Kemenkumham Sumatera Utara, yang ber-agama Kristen/ Katolik, juga turut memperingatinya, dengan menggelar perayaan Natal.

Perayaan Natal, digelar langsung di kompleks Rutan Balige. Selain oleh seluruh pihak jajaran Rutan Balige, juga diikuti keluarga besar Dharma Wanita Persatuan Rutan Balige, Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), keluarga WBP Rutan Balige, pensiunan pegawai Rutan Balige, undangan resmi dari Balai Pemasyarakatan Kelas II Sibolga, serta tamu undangan lainnya, Kamis, malam, (14/12/2023).

Tema Natal

Perayaan Natal kali ini mengusung tema : “Kemuliaan Bagi Allah dan Damai Sejahtera di Bumi” (Lukas 2 : 14), dengan Subtema : “Melalui Perayaan Natal bersama Keluarga Besar Rutan Balige, beserta WBP, kita ciptakan kerukunan hidup antar umat ber-agama, demi terwujudnya Rutan Balige yang aman, damai dan sejahtera.”

Dalam sambutan, Kepala Rutan Balige, David Nicolas menuturkan, bahwa selain untuk memperingati dan menyambut kelahiran Yesus Kristus sebagai Sang Juru Selamat, perayaan Natal juga dimaknai untuk memberikan semangat Natal bagi seluruh keluarga besar Rutan Balige, dan terkhusus bagi warga binaan.

“Perayaan Natal ini, adalah momen penting untuk menyatukan kita semua, baik kepada kita jajaran petugas Rutan Balige, maupun warga binaan. Tidak peduli keadaan di mana pun kita berada,” ujar David penuh harap.

“Kami juga mengundang keluarga WBP kami, agar mereka juga dapat merasakan kebersamaan Natal. Walau masih harus menjalani masa pembinaan,” pungkasnya.

Sementara, dalam kotbahnya, Pendeta Antoni Manurung, S.Th, yang diketahui sehariannya bertugas di HKBP Balige, ia mengajak seluruh hadirin, untuk memaknai Natal, dengan menjadi ‘Syalom’ (pembawa damai, red), baik itu di tengah keluarga, lingkungan, dan masyarakat, dalam menciptakan kerukunan antar umat beragama.

Selanjutnya, usai pelaksanaan ibadah, acara Natal juga berlanjut dengan mempersembahkan berbagai kegiatan seni dan hiburan, yang dipersembahkan warga binaan, petugas, dan tamu undangan yang hadir.

Selain itu, pihak Rutan Balige juga memberikan bingkisan Natal berupa tali kasih kepada pensiunan petugas Rutan Balige yang hadir, sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan atas jasa mereka selama ini.

Tampak terlihat kebersamaan Natal begitu terasa, terlebih bagi para warga binaan dan keluarga mereka, sembari saling bertukar ucapan selamat Natal, dan berbagi kehangatan dalam suasana yang penuh sukacita.

Penulis : Guntur

Related posts

Leave a Comment